Skip to content

Polda Riau Menangkap 6 Pembalak Liar di Bengkalis

12/15/2008
Jumat, 26 September 2008
Enam pelaku pembalakan liar ditangkap Tim Pemberantasan Illegal Logging Polda Riau di Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu, dan di Kawasan Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau.
Polda Riau menggelar operasi pemberantasan pembalakan liar di sepanjang daerah Tasik Serai, Giam Siak Kecil dan Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.  Para pembalak liar yang ditangkap itu adalah Deni Siregar, Roni Sinaga, Poimin, Haryono, Udin, dan Apner Siburian. Mereka ditahan di Polres Bengkalis.
Pada operasi yang menggunakan helikopter dan perahu, Selasa (23/9), juga ditemukan tumpukan kayu log serta kayu olahan.  ”Dari operasi tersebut kami juga menyita dua unit alat bubut kayu serta 14 sawmill. Saat ini dinas kehutanan setempat sedang menghitung berapa jumlah kayu di lokasi termasuk kerugiannya,” kata Kapolda Riau Brigadir Jenderal Hadiatmoko, kemarin, dalam jumpa pers di Balai Wartawan Polda Riau.
Menurut Hadiatmoko, kerusakan hutan lindung akibat pembalakan liar di Desa Bukit Batu dan Siak Kecil tersebut diperkirakan mencapai sekitar 50 hektare.  “Dari pengakuan para tersangka, kayu olahan tersebut akan dijual ke Malaysia dan Singapura. Kami masih terus mengembangkan kasus pembalakan liar ini, termasuk memburu cukong yang mendanai aktivitas illegal logging di Kabupaten Bengkalis,” kata Hadiatmoko.
Lokasi yang menjadi target operasi, dari pengamatan udara terpantau sejumlah kegiatan perambahan hutan skala besar di kawasan Giam Siak Kecil.  Selain aktivitas perambahan hutan, juga ada kebakaran di hutan tanaman industri akasia dan aktivitas penggergajian kayu ilegal di sepanjang anak Sungai Siak Kecil.
Satu-satunya cara yang digunakan para pembalak untuk membawa ratusan kayu gelondongan tersebut dengan menghanyutkannya melalui anak Sungai Giam Siak Kecil yang nantinya bermuara ke perairan Bengkalis menuju Selat Malaka.
Dari Sungai Pakning dan perairan Bengkalis inilah, para pembalak akan menjual kayu gelondongan dan kayu olahan setengah jadi ke toke-toke asal Malaysia dan Singapura. (BY/N-1).
sumber : http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MzMwNTg=
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: