Skip to content

Dumai Express 10 Tenggelam di Karimun, 30 Tewas

11/23/2009

http://riauhariini.com/gfx/galeri/kapal.jpg

(Ilustrasi : Ini adalah Dumai Express 18. Dumai Express 10 merupakan varian lebih lama dari Dumai Express 18)

Sebagian warga pesisir Timur Laut Riau (Dumai-Bengkalis-Sungai Pakning-Selat Panjang-Tj Balai Karimun-Batam) tentunya pernah menggunakan alat tranportasi laut Dumai Express ini untuk menyeberangi satu kota ke kota yang lain. Hal ini dikarenakan Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau memiliki ribuan pulau, sehingga sistem transportasi utama adalah kapal laut selain angkutan darat pada umumnya.

Tragedi tenggelamnya kapal penumpang Dumai Ekspres 10 perairan Tanjung Balai Karimun saat berangkat dari Batam menuju Dumai pada 22 Novemver 2009 pagi.  Tepatnya di Pulau Tukong Iyu, Kabupaten Karimun, Provinsi Riau Kepulauan, Minggu pagi. Selain karena gelombang yang cukup tinggi, faktor kelebihan penumpang (overload) diduga  menjadi faktor utama tenggelamnya kapal penumpang ini. Kapal Dumai Express 10  yang tenggelam ini membawa  lebih dari 273 orang, padahal kapasitas maksimum 273 orang. Hal ini terungkap dari jumlah penumpang yang selamat sebanyak 243 orang (kompas), sementara jumlah korban tewas yang berhasil dievakuasi telah mencapai 30 orang  dan angkanya mungkin bertambah(kompas update).

Sementara manifest penumpang hanya sebanyak 213 orang. “Manifes memang realitanya sering berbeda. Saya akan cek lagi,” –Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Dephub, Sunaryo (Kompas)

Selain faktor kelayakan usia, human error dan cuaca/alam, banyak kecelakaan transportasi disebabkan oleh faktor kelebihan muatan. Dari pernyataan Dirjen Perhubuhungan Laut Dephub Sunaryo bahwa realitas seringnya penumpang overload merupakan cerminan dari buruknya kedisiplinan aparat, pengusaha serta kesadaran penumpang itu sendiri.

Dari kasus ini, jelas manifest yang dilaporkan hanya 213 orang, padahal jumlah penumpang sesungguhnya lebih dari 273 orang. Manifest merupakan dokumen perjalanan yang berisi data jumlah penumpang, muatan dan kru. Kelebihan penumpang serta data manifest palsu merupakan kesalahan fatal dan merupakan pelanggaran berat. Namun, sudah menjadi rahasia pula bahwa adakalanya aparat Dephub mendapat fee dari pengusaha kapal atas kebaikan ‘mau’ memalsukan manifest atau malas mengecek antara data dan  fakta sesungguhnya.

Detik-Detik Dumai Express 10 Tenggelam

Selain faktor alam dan kemungkinan kelebihan penumpang, tenggelamnya kapal motor Dumai Express 10 juga disebabkan oleh kecerobohan juru mudi (kapten) kapal. Salah satu penumpang yang selamat, Sofyan Efendi mengaku bahwa sebelum tenggelam, kapal dihantam gelombang besar secara bertubi-tubi lebih kurang sebanyak 10 kali, namun juru mudi tidak memperlambat laju kapal.

Sofyan Efendi (SE) yang memahami sedikit ilmu pelayaran menyatakan bahwa juri mudi melakukan kesalahan. “Tidak seharusnya gelombang itu dilawan, akibatnya lambung kiri kapal bocor dan kapal miring ke kiri. Meski kondisi sudah miring juru mudi tetap memacu laju kapal, sehingga kapal miring ke kiri dan posisinya berada di sisi kiri Pulau Tukong Iyu mendekati jalur pelayaran internasional,” ungkap SE.

Hingga akhirnya mesin kapal mati karena air laut mulai masuk, posisi kapal sempat kembali stabil beberapa saat sebelum tenggelam. “Saya orang terakhir yang turun ke sekoci, dengan jelas saya melihat kapal tenggelam bukan dari haluan melainkan buritan,” katanya.

SE menuturkan jumlah penumpang yang selamat didalam sekoci yang ditumpanginya lebih kurang sebanyak 65 orang. “Kami mengapung lebih kurang 3,5 jam, hingga akhirnya diselamatkan oleh kapal petugas mercu suar,” ujarnya. Dia berharap Dirjen Perhubungan Laut mengusut tuntas kecelakaan laut itu. Selain itu dia yakin jumlah life jacket dan peralatan keselamatan di kapal tidak sebanding dengan jumlah penumpang.

“Ada manipulasi manifest yang dilakukan agen kapal, saya pegang bukti dan mengalami sendiri. Kami sekeluarga menumpang sebanyak empat orang, tiket yang diberikan memang empat lembar, tapi yang dicatat nama saya sendiri,” paparnya. Pada manifest juga tercatat jumlah penumpang sekitar 213 orang, tapi dia yakin jumlah penumpang melebihi kapasitas. “Penumpang over load,” tuturnya.

Saleh, warga Teluk Sitimbul, Kecamatan Meral yang berlokasi tidak jauh dari tempat kejadian perkara melihat jelas kapal itu tenggelam. “Saat itu saya berada di Perairan KSS, malah saya sempat berkeinginan untuk menyelamatkan korban. Tapi karena ada yang menyuruh balik, makanya niat itu saya urungkan, karena gelombang besar sedangkan kapal saya kecil,” paparnya.

Dia juga membenarkan penuturan Syofyan Efendi. “Memang kapal itu berkali-kali dihantam gelombang sebelum tenggelam namun juru mudi tidak memperlambat laju kapal, hingga akhirnya posisi kapal berada di sebelah kiri Pulau Tukong Iyu. Kapal itu tenggelam mulai dari buritan,” tuturnya. Kebanyakan korban diselamatkan oleh para nelayan yang berada di sekitar lokasi dan kapal patroli milik TNI AL.

Turut berbela sungkawa atas meninggalnya para penumpang. Semoga menjadi perhatian utama pengusaha kapal, pemerintah (Dephub) untuk tidak main-main dengan manifest. Semoga ini menjadi momentum meningkatkan kesadaran penumpang atas bahayanya overload (penumpang yang berlebih) dalam transportasi.

@Sungai Pakning

8 Komentar leave one →
  1. andrew permalink
    12/02/2009 9:26 am

    Hmmm…. bener banget apa yang dikatakan SE itu, saya kelahiran Tg. Balai K, sejak lahir sampai dewasa kapal laut yang menjadi moda transportasi antar pulau kami. Udah gak keitung lagi berapa kali naik Dumai Express and the gank..

    Kejadian manipulasi manifest sudah menjadi rahasia umum. terkadang saat membeli tiket saat kita sebutkan nama kita contohnya “Suhaimi”, maka tidak peduli jelas atau tidak si agen penjual langsung aja meletakkan nama yang kebetulan kedengaran di kuping tololnya. kalo memang dia dengar jelas, maka nama kita di ticket akan ditulis secara benar, tapi sering sekali mereka nulis salah dengan ejaan “Suani” atau “Muhaimi” atau yang nyerempet2 gitu, tanpa mencocokkan dengan KTP.

    apa hubungannya dengan kecelakaan ini? oya tentu ada! jika terjadi kecelakaan maka nama yang salah tersebut akan terbaca di manifest penumpang. tentu saja keluarga korban yang melihat nama tersebut bernapas lega sebab tidak ada keluarganya yang menjadi korban, tetapi sesungguhnya nama yang salah tersebut adalah nama anggota keluarganya yang menjadi korban.

    Overload penumpang akibat kurangnya disiplin dari petugas Dephub bersangkutan. Betul sekali kalimat diatas mengatakan petugas mendapat ‘fee’ dari pengusaha kapal. Mana ada orang yang mau rugi!

    Dumai Express and the gank memang langganan musibah. waktu jaman saya SMP dulu, salah satu feri mereka menabrak pelabuhan apung di Tg. Balai K sehingga peyok, namun tiada korban.

    Pernah juga kebakaran terjadi disalah satu feri mereka beberapa tahun silam. Sudah seharusnya pemerintah mencabut ijin operasi perusahaan pelayaran ini.

    Seharusnya Dumai Express belajar dari pengalaman Ferry Sentosa yang karam saat pelayaran dari Telaga Punggur, Batam menuju ke Tg. Pinang dahulu. Kejadiannya persis sama ketika lunas fery tersebut terbelah dua dihantam ombak di perairan Lobam, Tg. Pinang

    • 12/04/2009 5:25 am

      Terima kasih berkenan memberi tanggapan.
      Dan menambahkan kasus-kasus lain yang terjadi di Riau.

  2. 01/03/2010 8:22 pm

    pak / ibu admin update lah berita tentang kec bukit batu /sungai pakneng
    bio kami yang jauh ne bisa tau sejauh mano perkembangan kampoong kito

  3. iskandar nday permalink
    01/28/2010 6:16 am

    turut brduka cita….

  4. masruding.bone permalink
    09/17/2010 4:23 pm

    Iyo, macam mano kabo kampong kito ?? tahonni kami tak balek do .

  5. 06/28/2013 12:12 pm

    I think everything published made a ton of
    sense. But, think about this, suppose you typed a catchier title?
    I ain’t suggesting your content is not solid., however what if you added a headline to possibly get folk’s attention?
    I mean Dumai Express 10 Tenggelam di Karimun, 30 Tewas | Sungai Pakning – Bukit Batu is a little vanilla.
    You ought to peek at Yahoo’s home page and watch how they create news headlines to grab viewers interested. You might add a video or a pic or two to grab readers excited about everything’ve got to say.

    In my opinion, it could make your posts a little livelier.

  6. 08/04/2013 11:14 pm

    Simply choose a color that will work with any room type.
    Refacing your cabinets can often be achieved by adjusting the items in the bathroom corners and, if you honestly love
    your gold laminated counter tops and flooring can become damaged during a remodel 2011?
    A versatile kitchen does not mean only relocating all the things that you should consider purchasing energy efficient appliances.
    The point is, the more beautiful the remodel 2011ed bathroom looks.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: