Skip to content

Bukit Batu

12/14/2008

Kecamatan Bukit Batu

Kab Bengkalis

Kab Bengkalis

Bukit Batu merupakan salah satu dari 13 kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Sebagian besar penduduk bermukin di ibu kota Bukit Batu yakni Sungai Pakning. Dahulu Kecamatan Bukit Batu dikenal dengan julukan kota “Atas Minyak, Bawah Minyak“. Saat ini, selain hutan yang luas, sebagian besar wilayah Bukit Batu berisi perkebunan karet,sawit dan kelapa.

Luas Wilayah dan Topografi
Kecamatan Bukit Batu memiliki luas wilayah 1.128 km². Bukit Batu memiliki garis pantai yang cukup panjang karena berada di pesisis Selat Bengkalis – Selat Malaka. Rata-rata wilayah Bukit Batu bertanah gambut dan tanah liat.

Batas Wilayah
Sebelah Utara berbatasan dengan Pulau Bengkalis dan Selat Malaka dan Kota Dumai
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec. Mandau, Kec. Siak Kecil,  Kabupaten Siak
Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Mandau, Kota Dumai
Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Merbau, Kec. Bengkalis

Pembagian Wilayah
Kecamatan Bukit Batu terdiri dari 1 kelurahan (Sungai Pakning) dan 14 desa yakni:
1. Kel. Sei Pakning
2. Desa P. Jambi
3. Desa Dompas
4. Desa Sejangat
5. Desa Sei Selari
6. Desa Buruk Bakul
7. Desa Bukit Batu
8. Desa Sukajadi
9. Desa Parit I AA
10.Desa Temiang
11.Desa Api – Api
12.Desa Tenggayun
13.Desa Sepahat
14.Desa Tj. Leban
15.Desa B. Kerikil

Sungai, Gunung, Lembah
Ada dua sungai kecil yang melalui kecamatan Bukit Batu, yakni Sungai Siput dan Sungai di Desa Bukit Batu. Tidak ada gunung maupun lembah di wilayah ini.

Flora dan Fauna
Karena memiliki hutan yang relatif luas, kecamatan Bukit Batu menyimpan kekayaan flora dan fauna. Berbagai jenis burung (Srindit, Tekukur, Pipit, Elang, dll), ular dan reptil (phyton, daun, air, lidi, dll), mamalia (kera, monyet, rusa, babi, dll), berbagai jenis ikan air tawar. Berbagai jenis tananam baik di hutan maupun diperkebunan menghiasi bumi Bukit Batu. Selain itu, hutan mangrove banyak terdapat di tepian pantai.

Kekayaan Alam
Bukit Batu kaya dengan sumber daya hutannya. Bukit Batu pernah menjadi obyek untuk eksplorasi minyak bumi. Eksplorasi minyak banyak dilakukan di daerah perbatasan dengan Kecamatan Mandau dan Merbau yang kaya minyak. Sedangkan perusahaan terbesar yang ada Bukit Batu adalah unit pengolahan minyak Pertamina. (Pertamina UP II Sungai Pakning).

Iklim
Karena berada di posisi jalur katulistiwa dan dataran rendah, suhu rata-rata harian wilayah Bukit Batu cukup tinggi, berkisar 27°C – 34°C. Bukit Batu seperti daerah lain di Indonesia, hanya mengenal dua musim yakni kemarau dan penghujan.

Demografi

Jumlah Penduduk : 28.708 jiwa (14.854 pria, 13.854 wanita) – Data 2008
Kepadatan : 25,4 orang/km²
Wilayah Terpadat : Kel. Sei Pakning
Suku Bangsa : Melayu, Jawa, Tionghoa, Batak
Agama : Islam, Buddha, Kristen
Bahasa : Melayu, Indonesia, Jawa, Hokkian
Tingkat Pendidikan : –

Perekonomian
Perekonomian masyarakat Riau dibangun dari berbagai sektor, terutama dari pertanian tanaman pangan, perkebunan,dan pekerja di Pertamina UP II Sungai Pakning, nelayan, peternakan dan perdagangan.

Pertanian Tananam Pangan
Pertanian tanaman pangan meliputi sayur-mayur, buah-buahan (pisang, rambutan, nenas, mangga), padi, ubi kayu, jagung dll. Untuk lahan padi seluas 325 ha dengan produksi 1.137,50 ton per tahun.

Perkebunan
Sebagian besar wilayah Bukit Batu dipenuhi perkebunan karet, sawit dan kelapa. Luas area tanaman perkebunan rakyat mencapai 3.711 ha ; kelapa sawit 614 ha; kelapa 1.016 ;dan sagu 60 ha. Produksi tanaman perkebunan rakyat diantaranya karet 2.076 ton; kelapa sawit 1.335 ton; dan kelapa 243 ton.

Industri
Industri utama di Kecamatan Bukit Batu adalah kilang pengelolaan minyak yang dimiliki oleh Pertamina UP II Sungai Pakning. Disamping itu, terdapat industri kecil rakyat seperti kayu gergaji.

Infrastruktur

Lalu lintas melalui darat 98%
Lalu lintas melalui laut 2%
Jalan/gang aspal/beton 22 Km
Jalan tanah 12 Km
Jembatan 6 Buah

Referensi : www.bengkalis.go.id / www.riau.go.id (ET)

About these ads
18 Komentar leave one →
  1. 01/15/2012 12:30 pm

    bukitbatu,,, cewenya cantik2 hehe

  2. ilkham permalink
    07/04/2012 8:11 am

    gk penting cantik. yang penting cerdas gak.. cantik tpi kl gk cerdas buat apa.. cuma bisa nampang wajah doank.. gk pake wanita seperti itu lagi sekarang.

  3. 08/05/2012 11:29 pm

    Sayangnya kawasan hutan bukit batu banyak yg menjadi hutan tanaman industri sinarmas grup!,dan banyak menimbulkan pencemaran aliran sungai bukit batu!,majulah negeriku!.

  4. 06/28/2013 3:36 pm

    Salam Kenal,

    saya Femmy hidup 13 tahun di Sungai Pakning.
    Kenangan masa kecil tak terlupakan di Pakning yang memberikan pelajaran tentang hidup seperti kesederhanaan dan saling menghormati antar-umat beragama.

    Sungai Pakning, bagi sebagian orang yang berasal dari kota besar akan menganggap Bukit Batu, khususnya Sungai Pakning sebagai kota terpencil yang panas dan tidak indah. Memang demikian, tapi pendapat itu saya rasa perlu ditantang balik dengan hidup di Pakning selama beberapa bulan. Silakan rasakan kenikmatan di kota kecil dengan sunset indah dan ilalang hijau di mana-mana dan melihat biawak berkeliaran di mana-mana. heheheee…

    Sudah 6 tahun lebih belum kembali melihat kampung halaman saya. Suatu saat, akan menjadi hal mendebarkan ketika saya mengunjungi dan melihat secara langsung kota yang mendidik saya hingga dapat menjadi sosok seperti saat ini.

    regards,
    Femmy

    http://femmyemanuel.blogspot.com/

  5. 01/21/2014 7:27 pm

    ada situs resmi desa sepahat gak?

  6. HafizEST6661 permalink
    04/08/2014 12:01 pm

    mano dusun aku ???
    tak ado di sebut dkat situ ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: